Seperti Apa Sih Penyakit Vertigo itu ? Bagaimana pengobatanya ?

Mengenal penyakit Vertigo.Horizontal optokinetic nystagmus, a symptom which can accompany vertigo.

 Vertigo atau yang disebut juga dizziness dan giddiness sering juga orang mengatakan pusing  tujuh keliling adalah adalah salah satu bentuk gangguan keseimbangan dalam telinga bagian dalam sehingga menyebabkan penderita merasa pusing dalam artian keadaan atau ruang di sekelilingnya menjadi serasa berputar atau melayang dan penglihatan terbalik. Vertigo menunjukkan ketidakseimbangan dalam tonus vestibular. Hal ini dapat terjadi akibat hilangnya masukan perifer yang disebabkan oleh kerusakan pada labirin dan saraf vestibular atau juga dapat disebabkan oleh kerusakan unilateral dari sel inti vestibular atau aktivitas vestibulocerebellar. Akibatnya penderita mengalami rasa pusing yang sangat dan tidak akan mampu bangun karena rasa pusingnya.

Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hari. Penderita kadang merasa lebih baik jiga berbaring diam, tetapi vertigo bisa berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.

Vertigo terbagi menjadi beberapa jenis namun secara umum berdasarkan keterlibatan vestibulum, Vertigo terbagi menjadi 2 jenis yakni vertigo direk /vestibuler dan vertigo indirek /non-vestibule

Vertigo vestibuler memiliki karakteristik : lesi di bagian perifer dari apparatus vestibuler seperti: organ vestibuler atau saraf vestibulokoklear. Pasien merasa lingkungan sekitarnya berputar (oscillopsia), rasanya naik turun seperti berada di atas kapal. Vertigo vestibuler seringkali diikuti dengan gejala otonom seperti nausea dan muntah serta nistagmus. Lesi vestibuler juga ada yang di bagian sentral contohnya lesi pada nukleus vestibuler di batang otak. Lesi sentral vestibuler juga bisa menyebabkan vertigo direk, akan tetapi secara umum lebih ringan dibandingkan lesi perifer. Gejala otonom juga cenderung lebih minim atau bahkan tidak ada

Vertigo nonvestibuler seringkli sulit dideskripsikan secara jelas oleh pasien. Pasien biasanya mengeluhkan rasa pusing, kekosongan di kepala, dan gelap pada mata. Kondisi oscillopsia dan gejala otonom tidak pernah ditemukan. Lesi pada bagian saraf pusat dapat menyebabkan nistagmus patologis Vertigo nonvestibuler bisa disebabkan lesi pada bagian nonvestibuler dari sistem regulator keseimbangan atau bisa juga disebabkan kesalahan proses informasi di sistem saraf pusat(misal karena lesi cerebelar). Hipotensi ortostatik dan stenosis aorta dapat menjadi penyebab vertigo nonvestibuler.

Jenis vertigo yang sering ditemui adalah benign paroxysmal positional vertigo, dimana akan terjadi secara mendadak dan berlangsung kurang dari satu menit. Perubahan posisi kepala, biasanya terjadi ketika penderita berbaring, bangun, berguling diatas tempat tidur atau menoleh ke belakang, yang biasanya memicu terjadinya vertigo selanjutnya.

Penyakit ini disebabkan oleh adanya endapan kalsium di dalam salah satu kanal semisirkularis di dalam telinga bagian dalam. Vertigo jenis ini mengerikan, tetapi tidak berbahaya dan biasanya menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan. Serta tidak disertai hilangnya pendengaran maupun telinga berdenging.

Vertigo bisa disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri. Vertigo juga bisa berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.

Penyebab umum dari vertigo: bisa dari lingkungan (mabuk darat atau laut), obat-obatan (alkohol), kelainan sirkulasi atau gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak, kelainan di telinga, dan tumor otak.

Trus bagaimana meredakan vertigo tersebut ?

Sebelum memulai pengobatan, harus ditentukan sifat dan penyebab dari vertigo. Gerakan mata yang abnormal menunjukkan adanya kelainan fungsi di telinga bagian dalam atau saraf yang menghubungkannya dengan otak. Nistagmus adalah gerakan mata yang cepat dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah. Arah dari gerakan tersebut bisa membantu dalam menegakkan diagnosa. Nistagmus bisa dirangsang dengan menggerakkan kepala penderita secara tiba-tiba atau dengan meneteskan air dingin ke dalam telinga. Untuk menguji keseimbangan, penderita diminta berdiri dan kemudian berjalan dalam satu garis lurus, awalnya dengan mata terbuka, kemudian dengan mata tertutup.Tes pendengaran seringkali bisa menentukan adanya kelainan telinga yang memengaruhi keseimbangan dan pendengaran.Pemeriksaan lainnya adalah CT scan atau MRI kepala, yang bisa menunjukkan kelainan tulang atau tumor yang menekan saraf. Jika diduga suatu infeksi, bisa diambil contoh cairan dari telinga atau sinus atau dari tulang belakang. Jika diduga terdapat penurunan aliran darah ke otak, maka dilakukan pemeriksaan angiogram, untuk melihat adanya sumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke otak.

Pengobatan tergantung kepada penyebabnya. Obat untuk mengurangi vertigo yang ringan adalah meklizin, dimenhidrinat, perfenazin dan skopolamin. Skopolamin terutama berfungsi untuk mencegah motion sickness, yang terdapat dalam bentuk plester kulit dengan lama kerja selama beberapa hari. Semua obat di atas bisa menyebabkan kantuk, terutama pada usia lanjut. Skopolamin dalam bentuk plester menimbulkan efek kantuk yang paling sedikit.

source : klikdokter

       wiki/vertigo

5 Responses to Seperti Apa Sih Penyakit Vertigo itu ? Bagaimana pengobatanya ?

  1. dokteryusuf says:

    #TRAPI REFLEKSI &ACUPOINT #

    Terapi Kesehatan Refleksi & Acupoint
    Yaitu terapi kesehatan yang mengadopsi teknologi warisan leluhur kerajaan tiongkok kuno dipadukan dengan teknologi modren.

    Manfaat Terapi Kesehatan Akupuntur Acupoint:

    -menghilangkan capek dan pegal-pegal.
    -meningkatkan kerja organ utama (jantung, ginjal, paru, limpa, kandung kemih, liver, pankreas, lambung, dan usus)
    -meningkatkan imunitas tubuh
    -membantu penyembuhan penyakit sprti:
    JANTUNG-GINJAL-STROK-VERTIGO dll..
    Maximal 3 bulan trapi pasti sembuh…
    – pendamping medis dalam perawatan berbagai penyakit

    JADI SEGERA BUKTIKAN MANFAAT TRAPI ACUPOINT SEKARANG JUGA.

    hub Hp:085361675232/BBM 7CB2B113 .
    Dr yusuf sp saraf
    (Menerima panggilan ke rumah anda.)

    • Saya mutia says:

      Trimakasih pak yusuf, sekarang saya sudah sembuh dari vertigo yang selama ini saya derita, saya mutia dari bandung. Semoga bpk bisa membantu orang banyak untuk sembuh, amin…

  2. sitiafsha says:

    dokter yusuf…trimakasih ya…obat nya manjur…saya sudah sembuh dari penyakit vertigo yg selama ini …

  3. fuji sukur kepada allah swt yg telah menyembuhkan penyakit saya yg selama ini saya alamai selama 2 tahun tr akhir ini, sudah saya brobatdi beberapa rumah sakit yang ada di daerah saya tinggal tapi tidak membuah kan hasil dan saya juga sudah brobat ke beberapa dokter praktek di sini juga hasil nya belum maksimal, tapi setelah saya buka internet dan ingin engetahui seberapa bahaya nya bila penyakit saya ini tak kunjung sembuh dan sebab saya sulit untuk sembuh.. akhir nya saya lihat no pak yusuf di sini dan saya cob hub beliau demi mendapat kesembuhn saya, tapi saya tr kejut kalau pak yusuf itu tinggal di aceh , tapi saya iklahs saja dan saya ikuti semua saran dari beliau, dan baru beberapa minggu saya kosumsi obat yg beliau kirim tubuh saya meresponnya dng baik dan sedikit enakan di badan, dan setelah beberapa minggu saya sudah sembuh dan saya sangat br sukur atas kesembuhan saya yg di berikan allah melalui pak yusuf hanya dalam tempo beberapa minggu tepat nya 6 minggu. bagi saudara yang msih mencari kesembuhan da pengobatan buat penyakit sudara coba brobat ke pak yusuf ini, karna saya sudah sembuh saya yakin untuk merekomendasi kan no pak yusuf agar saudara ku sekalian juga bisa sembuh sprti saya sekarang ini.ini no pak yusuf 085361675232 wa nya 085361675232. semoga saudara bisa sembuh juga sperti saya ni amin…..

  4. bunda crsty says:

    curhat saya tentang penyakit ini yang dahulu di derita oleh salah satu keluarga saya yaitu abang saya, dulu dia menderita penyakit ini sudah lama dia rasakan sudah brobat kesana kemari tapi juga tak ada hasil nya sudah brobat juga ke penang tapi tak ada hasil juga hasil nya, akhirnya saya buka net mengenai penyakit yg abang saya alami trsebut, dan saya melihat ada testimoni dari orang yang ada di webset ini,dan saya mencoba menghub in no yg di rekomendasi kan oleh beliu, setelah saya konsultasi akhir nya saya niat kan bantu abang saya itu agar beliau lekas sembuh, saya dan keluarga niat kan pengobatan rutin yg pak yusuf saran kan, setelah 1 bulan akhir n pelan pelan di bantu trapi di rumah , setelah melalui segala proseya abang saya sudah ada hasil nya nya akhirnya, dan setelah beberapa lama menjalani pengobatan ituakhirnya abang saya juga bisa sembuh dari penyakit nya ini dan dia bisa br aktipitas seperti sedia kala. kami dan abang saya sangat br sukur kepada allah swt atas kesembuhan ny berkat perantara pak yusuf. bagi saudara yg masih bingung cari pengobatan mengenai penyakit ini dng bangga hati saya juga rekomendasi kan coba brobat ke pak yusuf semoga bisa sembuh juga seperti abang saya sekarang ini, kesehatan itu paling br harga dari apa pun. semoga brmanfaat . no hp pak yusuf yg sudah membantu kesembuhan abang saya 085361675232, inti nya yakin ikhlas brusaha dan brdoa insyah allah berkah

silakan isi komentar anda