Tips Memilih Obat Flu Yang Tidak Mengandung Efek Kantuk Saat Beraktivitas / Bekerja

Bagaimana jika saat anda beraktivitas tapi sakit flu juga menyertai ? wah, pasti konsentrasi berkurang, kerjaan jadi  kacau. Kali ini saya beri tips memilih obat flu  saat dalam beraktivitas. Obat flu yang dijual bebas, secara umum akan ditemukan yang mengandung efek samping mengantuk. Tapi, tidak selalu begitu karena obat flu yang dijual bebas pada toko-toko maupun apotek, tidak selamanya memberikan efek mengantuk. Hanya saja obat flu tersebut tidak dijual secara bebas karena merupakan obat keras dan penggunaannya harus diawasi oleh dokter dan apoteker. Sebenarnya efek rasa kantuk tersebut mempunyai manfaat tersendiri untuk istirahat selain itu juga untuk menghindari gangguan atau rasa sakit yang anda rasakan. coba saja bila hidung anda mampet, demam, maupun sakit kepala, apakah anda bisa tidur jika mengalami hal tersebut? Tapi untuk di konsumsi pada saat tidak beraktivitas.
Ada beberapa tips yang bisa saya berikan sebelum anda membeli obat flu yang tidak mengantuk di Apotek :

  • Sebelum membeli obat, sampaikan kepada dokter atau Apoteker di Apotek

Sampaikan  bahwa anda sedang dalam keadaan bekerja dan mengharapkan agar obat flu yang anda butuhkan tidak memiliki efek samping mengantuk. Kenapa ? pastinya anda juga sudah tau sendiri jika anda mengantuk dalam keadaan bekerja. Yang paling parah lagi jika anda sedang dalam berkendara… hemmm bisa bisa berakibat fatal. Bekerja pada waktu pagi hingga siang hari  anda membutuhkan konsentrasi penuh oleh karena itu seharusnya yang anda butuhkan adalah obat flu yang tidak mengandung efek kantuk.   Dokter/apoteker akan berusaha memberikan obat flu tersebut untuk anda. Mau buktikan ? boleh saja…

  • Pilihlah obat flu yang tidak mengandung Chlorpheniramin maleat atau CTM

Sebaiknya pilihlah obat flu yang tidak mengandung CTM di siang hari namun mengandung CTM dimalam hari. Ada obat flu yang dibuat dengan formula khusus untuk siang hari dan formula khusus untuk malam hari. Meskipun demikian hal tersebut dapat racik sendiri oleh dokter/Apoteker di Apotek.

  • Pilihlah jenis obat antialergi yang tidak mengandung efek kantuk.

Setiap obat flu yang dijual bebas katagori antialergi yaitu Chlorpheniramin maleat atau CTM, jika anda mengkonsumsi obat ini maka efek samping yang ditimbulkan adalah mengantuk. Namun ada juga beberapa jenis obat flu kombinasi yang tidak mengandung CTM. Biasanya obat ini diresepkan oleh dokter untuk Rhinitis Alergi.

  • Harganya relatif mahal.

Yak Betul, Satu tablet obat ini rata-rata dijual dengan harga mulai kisaran Rp.1500- Rp.5000/tablet. Bandingkan dengan obat flu biasa yang hanya memiliki harga Rp.2000/ Strips / Blister. Artinya  anda mungkin harus merogoh kocek agak dalam. Bisa dibayangkan jika harga 1 tablet ini senilai Rp.5000 dan anda akan  membeli  sejumlah 6 tablet maka anda harus mengeluarkan uang senilai Rp. 30.000.

  • Ssssssstz, Ini rahasia yo !

hehehe,… Obat anti alergi yang tidak mengandung efek kantuk itu antara lain : Cetirizine HCL, Levocetirizine HCL, Acrivastine,  Loratadin, Deksloratadin, Feksofenadine HCL dan  Mizolastine. Nah kalau anda memang benar-benar membutuhkan obat flu yang tidak mengandung efek kantuk, pastikan dulu konsultasi dengan  dokter dan Apoteker, karena obat tersebut diatas 100% obat keras dan harus dijual dengan resep dokter. Tapi anda berhak kok mendapat informasi selengkap-lengkapnya dan tentu untuk  membelinya, iyakan ?
Sekian, tips memilih obat flu untuk menghindari rasa kantuk saat anda beraktivitas atau bekerja dan semoga anda cepat sembuh.

sumber: Bernadimalik

silakan isi komentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: